Surat untuk Calon Istriku

Kepada kesayanganku yang kini masih berada di genggaman Tuhan

Suatu kali ibuku pernah bertanya padaku, tentang calon pendamping hidup yang aku idam-idamkan. Saat itu aku tak bisa menjawabnya. Aku hanya terdiam dan tersenyum malu-malu. Namun dalam hati aku menjawab, aku ingin memiliki isteri yang cantik dan seksi… ah anak muda. Tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata kriteria  pendamping hidup yang kuinginkan bergeser jauh. Hidup telah mengajarkan aku satu hal; cantik, bohay, seksi, pria mana yang tak menginginkan isteri seperti itu, namun ada yang jauh lebih membuatku nyaman daripada sekadar bentuk fisik seorang wanita. Kalau saja ibuku masih hidup dan bertanya kembali tentang calon pendamping hidup yang aku idam-idamkan, aku akan menjawab yang seperti dirinya.

Tidak, tidak, siapa pun dirimu yang akan jadi pendamping hidupku, aku tidak akan mengubahmu menjadi sosok seperti ibuku tidak. Setiap orang memiliki perangai yang berbeda-beda bukan? Ini hanya sebuah kriteria.

Kenapa aku menjawab ingin memiliki isteri yang seperti ibuku? Sederhana saja, ia adalah satu-satunya orang di muka bumi ini yang tidak pernah merendahkanku, selalu percaya pada kemampuanku, dan seseorang yang tak pernah menganggapku aneh/asing. Dia selalu membanggakanku, dan tak melihat kekuranganku sebagai sesuatu yang memalukan. Aku ingin kelak kamu yang menjadi isteriku, sepertinya. Apa pun kekurangan yang kau temukan ada padaku, simpan rapat-rapat dalam hatimu. Itu saja. Cantik dan seksi bukan lagi perihal penting. “Kehormatan seorang suami, ada di bibir isterinya.” Kata ibuku, sesaat setelah ia menanyakan tentang calon pendamping hidup yang tak pernah bisa kujawab.

2 thoughts on “Surat untuk Calon Istriku

Tinggalkan Balasan

