Surat Kangen untuk Guruku

Kepada Ibu Elok Indrahadi.

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan Selamat Hari Guru untukmu dan seluruh rekan-rekanmu. Apa kabar, Bu? Selalu baik-baik saja kan. Sudah lama ya, Bu, tidak bertemu. Sudah hampir sepuluh tahun! Ibu masih mengajar di SMU 95 kan? Beberapa kali saya ke Jakarta, ingin rasa-rasanya mampir ke “kampus hijau” itu. Kangen. Baik dengan suasananya maupun sama hiruk-pikuk siswa-siswanya.

Mengingat SMU 95 Jakarta, seperti menerbangkan angan saya, Bu, kala diajar olehmu di kelas 3 IPA 2. Walau cuma hanya setahun, ah tidak, hanya sepuluh bulan. Iya, saat kelas satu dan kelas dua saya tidak sempat diajar olehmu, tapi kamu memberikan kenangan yang begitu lekat di ingatan saya, Bu. Saya mungkin satu-satunya siswa Ibu yang begitu lambat menangkap pelajaran Kimia yang Ibu ajarkan. Entah mengapa, saya memang tidak begitu menggemari pelajar Kimia. Tapi Ibu begitu dengan sabar mengajari saya, yah walau pada akhirnya saya tetap menjadi yang paling rendah nilai Kimianya waktu Ujian Akhir Sekolah (UAS). Tapi sungguh saya kagum sama Ibu, kagum dengan kesabaran Ibu.

Begitupun saat kelas IPA (dalam hal ini IPA 1 dan IPA 2) tersangkut masalah kaos ketika menjelang Ujian Akhir diadakan. Ibu membela kami habis-habisan dari serangan guru-guru lain. Saya tak pernah melupakan kejadian itu barang sedikit pun, Bu.

Terima kasih, Bu, untuk segala kesabaran yang kamu ajarkan pada saya dan teman-teman lainnya. Oh ya Bu, saat UMPTN 2004/2005 saya mengisi pilihan Universitas Diponegoro FMIPA jurusan Teknik Kimia, sayangnya gagal. Tapi saya sudah berusaha kok, Bu, dan akhirnya saya terdampar di Politeknik Kesehatan Semarang Jurusan Kesehatan Gigi yang tak pernah saya rampungkan.

Terima kasih sekali lagi untuk pengabdianmu dan kebaikanmu terhadap saya. Saya selalu mengingatnya sebagai sebuah kenangan yang harus dibingkai dengan bingkai yang paling bagus. Terima kasih, bu Elok Indrahadi. Dan Selamat Hari Guru.

Tertanda,
Mantan siswamu yang bengal

Catur Indrawan

2 thoughts on “Surat Kangen untuk Guruku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s